Year By Year By Apple

Posted: 6 Juli 2011 in iPhone, iPod Touch, Macintosh

April 1976 Apple Computer Inc. didirikan oleh Duo Steve ; Steve Wozniak,Steve Jobs dan Ronald Wayne.

Juni 1976 Duo steve Berhasil menjual komputer Apple I yang sangat sederhana dimana hanya terdiri dari motherboard rancangan Wosniak seharga 666,66 Dollar kepada Paul Terrel sebanayak 200 unit.

April 1977 Dari hasil penjualan apple I,Wosniak membuat komputer yang lebih canggih dan diberi nama Apple II .Apple II dilengkapi dengan monitor ,penyimpanan data berbasis kaset(tape) dan diperkenalkan kemasyarakat diWestcoast Computer Faire pada tahun 1977.

1978 Wozniak menciptakan media penyimpanan baru untuk menggantikan media penyimpanan berbasis cassete tape yang diberinama Disk II,Media ini adalah floppy disk drive berukuran 5,25 inci dengan kapasitas 113,75 KB.

Awal 1980 Untuk bersain dengan perusahaan komputer meja lainya,apple membuat Apple III.Sayangnya,produk ini gagal dipasaran.Walau terbilang canggih dimasanya produk ini masih terlalu mahal pada saat itu.

Akhir 1980 Apple Computer Inc. Go Public untuk pertama kalinya.

1983 3tahun setelah Apple Computer Inc. Go Public,Apple memasarkan Apple Lisa komputer pertama berbasis GUI (Graphical User Interface) dengan harga 10.000Dollar.Tetapi sekali lagi sama dengan yang terjadi di tahun awal 1980,produk ini gagal dipasaran karena terlalu mahal dan applikasi software yang terbatas.padahal Apple Lisa terbilang cukup canggih dijamanya.

1984 Lisa lepas dari kendali Steve Jobs,dia mengalihkan konsentrasinya keproyek Macintosh,komputer secanggih Lisa dengan harga yang lebih murah dan terjangkau.

1985 Terjadi konflik antara Steve Jobs  dan CEO – Jhon Sculley,Jobs memutuskan untuk keluar dari Apple Computer Inc. dan membuka NeXT INC.,Perusahan komputer lainya pada tahun itu juga.

1989 Apple merilis varian Mac portable pertamanya yang diberi nama Macintosh Portable.

Oktober 1991 Macintosh Quadra rilis,sebuah CPU high end yang digunakan untuk para propesional dengan harga 8,500 Dollar.Merilis PowerBook,Mac portable yang lebih canggih dari macintosh portable.Powerbook sudah dilengkapi trackball yang posisnya berada ditengah tengah keyboard sehinga lebih ergonomis.

1993 Apple memperkenalkan Centris,varian low end dari Quadra.ditahun ini juga apple memperkenalkan varian tablet pertamanya berupa PDA,Apple Newton MessagePad 100.

1994 Terjadi konflik hak paten dengan Windows Corp.KarenaWindows menggunakan Graphic User Interface dari Macintosh dan LIsa di OS-nya,itu terlihat di OS Windows 3.0

1996 Apple membeli NeXT seharaga 429 juta Dollar.Secara tidak langsung ini jadi tanda kembalinya Steve Jobs kejajaran Manajemen Apple  dan dari NeXT Technology apple mengembangkan OS X yang sangat terkenal.

1997 Apple Computer Inc. Memperkenalkan Apple Store,toko retail Online berbasis web.Steve Jobs menggantikan Gill Amelio sebagai CEO dan diMacWorld Expo Jobs membuat kerjasama dengan Microsoft  untuk merilis Microsoft Office untuk Macintosh dengan investasi sebesar 150 juta Dollar.

1998 Varian iMac pertama diluncurkan,sebuah komputer desktop all in one PC.

1999  Apple memperkenalkan iBook, sebuah laptop low end dari PowerBook  dijual dengan target pasar anak sekolah dan mahasiswa.iBook pertama dinamakan iBook G3 Clamshell didesain menyerupai bentuk kerang dengan pilihan warna yang beragam.

Maret 2001 Apple Merilis OS X,sebuah sistem operasi hasil pengembangan dari OS NeXTSTEP

Mei 2001 Apple mebuka toko retail pertama diVirginia dan California untuk pasar amerika serikat.

Oktober 2001 Apple memperkenalkan pemutar musik digital ,iPod dengan kapasitas penyimpanan yang cukup besar dan dapat memutar format MP3 dan ACC,iPod langsung menjadi idola pemutar musik portable mengalahkan pamor walkman dari Sony. 2003 Apple Computer Inc. Membuka iTunes Store dengan 2 Juta pengunduh hanya dalam 16 hari.Ini Revolusi pola penjualan industri musik dunia.

2005 Jobs mengumumkan akan mulai memproduksi Mac berbasis prosesor intel tahun 2006.

2006 Mac berbasis processor Intel Pentium Core Duo dilempar kepasaran.New MacBook Pro dan iMac adalah produk pertama yang dibenamkan Intel didalamnya.Selamjutnya MacPro dan MacBook.

2007 Apple merambah pasar telepon pintar dengan memperkenalkan iPhone dan iPod Touch dengan teknologi layar sentuh.Karena tidak hanya memproduksi komputer,nama Apple Computer Inc. berganti menjadi Apple Inc.

2010 iPad diluncurkan pertama klai dengan iOs sebagai sistem operasinya.iPad adalah sebuah tablet pintar hasil pengembangan dari iPhone ynag langsung terjual 3 juta unit dalam 80 hari.

2011 iPhone generasi 4 dirilis dengan memiliki resolusi layar yang tinggi (Apple Retina Display).iPhone 4 sudah dilengkapi dengan video full HDdan kamera dibagian depan untuk video call.iOs 5 dan Mac OsX Lion ikut dirilis. Jobs dan Wozniak mengawali usahanya dari membuat boks untuk menelpon gratis dan jasa rakit-antar komputer seharga 500 dollar.Itupun hasil dari pinjam uang sebesar 250.000 dollar.Tapi tahun lalu,diumurnya yang ke-34tahun Apple Inc. berhasil mengeruk keuntungan sebesar 14.000.000.000 Dollar.

Tinggalkan komentar